Sudah bulan April, cepat sekali~
Kali ini saya mau cerita pengalaman belanja online disalah satu situs belanja online, yaitu bukalapak.
Sebelumnya saya belum pernah sih beli barang dari situs-situs lainnya yang sejenis misalnya tokopedia, olx, dll. Kalau pasang iklan pada olx pernah sih, bantu ibu kos promosi kosnya hehe
Nah, saat itu saya butuh sebuah buku, udah muter-muter dibeberapa toko buku di Surabaya (Gramedia, Petra Togamas, Uranus, dan satunya lupa nama toko bukunya) tapi buku tersebut sudah tidak dijual lagi dan mereka belum restock karena belum ada tawaran dari penerbit buku yang saya maksud. Alhasil, browsing dan menemukan buku yang saya cari masih ada diGramedia Pusat dan ada salah seorang penjual diBuka Lapak. Saya butuh 2 buku karena 1 buku untuk teman. Saya coba pesan di Gramedia Pusat, kok gabisa diganti ya jumlah buku yang mau dibeli (ganti 2 tetep balik jadi 1), saya pikir stok tinggal 1 akhirnya saya pesen via Buka Lapak dan Gramedia. Itung-itung coba pesen melalui Buka Lapak ini.
Proses pesen cepet dan gampang dimengerti tiap step by step. Buka Lapak ini unik, Unik karena barang akan segera dirposes begitu pembeli transfer. Tujuan transfer bukan langsung pada pemilik masing-masing lapak/toko/olshop, melainkan melalui si Buka Lapak ini. Bank tujuan pengiriman uang otomatis atas nama perusahaan Buka Lapak. Nah, si Buka Lapak akan menghubungi pemilik lapak/toko/olshop yang dimaksud pembeli (dimana pembeli booking/beli). Jika sampai 3x24 jam tidak ada jawaban dari toko tersebut, maka uang akan dikembalikan oleh Buka Lapak kepada pembeli.
Saya menilai cara yang digunakan Buka Lapak ini sangat melindungi pembeli. Mereka meminimalisir kecurangan salah satu pihak. Konsumen akan merasa aman karena ada kejelasan dari pihak Buka Lapak, Waktu itu, kebetulan saya dapat konfirmasi dari Buka Lapak kalau penjual buku yang saya maksud tidak memberikan jawaban kepada pihak Buka Lapak, sehingga jual beli tidak dapat diteruskan, uang saya dikembalikan. As simple as that :) Mudah, nyaman, dan aman adalah beberapa faktor yang bisa membuat konsumen puas.
Btw, saya nulis beginian karena kemarin ada tugas salah satu mata kuliah yang memberikan tugas review jurnal. Nah, kebetulan jurnal yang saya review membahas seputar kepuasan dan loyalitas konsumen. Pinginnya saya mau mengembangkan lagi siapa tau bisa jadi judul tesis hehe.
Semangat \o/
Kali ini saya mau cerita pengalaman belanja online disalah satu situs belanja online, yaitu bukalapak.
Sebelumnya saya belum pernah sih beli barang dari situs-situs lainnya yang sejenis misalnya tokopedia, olx, dll. Kalau pasang iklan pada olx pernah sih, bantu ibu kos promosi kosnya hehe
Nah, saat itu saya butuh sebuah buku, udah muter-muter dibeberapa toko buku di Surabaya (Gramedia, Petra Togamas, Uranus, dan satunya lupa nama toko bukunya) tapi buku tersebut sudah tidak dijual lagi dan mereka belum restock karena belum ada tawaran dari penerbit buku yang saya maksud. Alhasil, browsing dan menemukan buku yang saya cari masih ada diGramedia Pusat dan ada salah seorang penjual diBuka Lapak. Saya butuh 2 buku karena 1 buku untuk teman. Saya coba pesan di Gramedia Pusat, kok gabisa diganti ya jumlah buku yang mau dibeli (ganti 2 tetep balik jadi 1), saya pikir stok tinggal 1 akhirnya saya pesen via Buka Lapak dan Gramedia. Itung-itung coba pesen melalui Buka Lapak ini.
Proses pesen cepet dan gampang dimengerti tiap step by step. Buka Lapak ini unik, Unik karena barang akan segera dirposes begitu pembeli transfer. Tujuan transfer bukan langsung pada pemilik masing-masing lapak/toko/olshop, melainkan melalui si Buka Lapak ini. Bank tujuan pengiriman uang otomatis atas nama perusahaan Buka Lapak. Nah, si Buka Lapak akan menghubungi pemilik lapak/toko/olshop yang dimaksud pembeli (dimana pembeli booking/beli). Jika sampai 3x24 jam tidak ada jawaban dari toko tersebut, maka uang akan dikembalikan oleh Buka Lapak kepada pembeli.
Saya menilai cara yang digunakan Buka Lapak ini sangat melindungi pembeli. Mereka meminimalisir kecurangan salah satu pihak. Konsumen akan merasa aman karena ada kejelasan dari pihak Buka Lapak, Waktu itu, kebetulan saya dapat konfirmasi dari Buka Lapak kalau penjual buku yang saya maksud tidak memberikan jawaban kepada pihak Buka Lapak, sehingga jual beli tidak dapat diteruskan, uang saya dikembalikan. As simple as that :) Mudah, nyaman, dan aman adalah beberapa faktor yang bisa membuat konsumen puas.
Btw, saya nulis beginian karena kemarin ada tugas salah satu mata kuliah yang memberikan tugas review jurnal. Nah, kebetulan jurnal yang saya review membahas seputar kepuasan dan loyalitas konsumen. Pinginnya saya mau mengembangkan lagi siapa tau bisa jadi judul tesis hehe.
Semangat \o/
Comments
Post a Comment