Skip to main content

Feel the Free Sensation to be Student as Bird's Freedom to Fly

Suddenly, I think about my apprentice in Syariah Bank X last month.
Before that day, I was so busy to prepare for the clothes, shoes, bag that I had to wear in there.LOL
I was so afraid maybe I couldn't do what they want. 
I was so curious if they asked me about my lesson but I couldn't explain beacuse I didn't remember. 
But, the fact all of my fears didn't happen.hahaha 
As the newbie being bank employees (although I was an intern), I think it's normal if we were curious. Moreover we didn't have any clue. 
The first day, I was totally excited :D 
It would be fun day spending our time in new place. It was right. It was fun because we met new people and did new activities.
Hari pertama, saya dan dua orang teman janjian bertemu disebelah kantor Bank tersebut. Masuk kesana, kita disambut mas Rio (bagian yang nerima magang). Kita diperkenalkan dengan beberapa staf dan pak Pinca (Pimpinan Cabang) :O
Akhirnya pembagian tugas dimulai. Tugas pertama, kita ditawari siapa yang mau menjadi pengganti sekretaris.
Oh...meeenm menurutku itu susah, tapi pada akhirnya aku mengajukan diri.hehe
Mbak Anita (padahal kita seumuran) dengan gamblang dan sabar menjelaskan tugas-tugas yang harus saya kerjakan.
Seharian menerima telepon, menerima fax, mencatat surat keluar dan masuk. It was so busy day.
Dan tidak terasa sudah sampai dijam pulang. Lalala pulaaaang >.<

Hari kedua datang, pekerjaan yang datang tidak sebanyak hari pertama. Dan saya tipe-tipe orang mudah bosan.
Ngoook...mati gaya duduk dibelakang meja sekretaris seharian sambil memerhatikan lalu lalang para karyawan disana.

Hari ketiga. Pekerjaan juga tidak sebanyak hari pertama.
Waktu lebih banyak saya habiskan untuk membaca brosur-brosur dan melirik kalender.
Jelas-jelas masih dihari ketiga. Masih lama kelarnya.

hari-hari diminggu pertama saya habiskan untuk menghitung hari menunggu weekend, artinya saya pulang kampung.hahaha

Berdasarkan pengamatan saya melihat kesibukan para karyawan, saya jadi berpikir:
1. Bosan sekali jadi karyawan. Pekerjaannya monoton *menurut saya lho yaa
Kalo jadi mahasiswa, pulang kuliah bisa jalan-jalan sama temen. Kalo karyawan, boro-boro jalan sama temen. Adanya lembur.kekeke
2. Akhir-akhir ini tebersit niat untuk jadi karyawan bank. Sanggupkah saya??? @.@ Kalo bosan saya musti ngapain??
3. Apa saya urungkan saja niat menjadi karyawan bank. Saya lanjut S2 saja. Tapi, saya sedang dalem fase malas belajar. Apalagi mau lanjut S2 --"

Conclusinya nih ya, seharusnya saya harus lebih benyak bersyukur dalam tahap menjadi mahasiswa. Bisa kesana kemari tanpa beban. Seringkali saya mengeluh pingin segera lulus dan bekerja. Saya beranggapan, bekerja itu enak. emang enak sih, dapat duit.
Tapiiiiii..kita tidak sebebas burung ketika terbang.hehe. Tidak bisa hilir mudik kesana kemari bersama teman kapan saja kita mau. Kuncinya "kapan saja kita mau". Menjadi karyawan, kita terikat dengan jam kantor. Kita tidak bisa seenaknya ijin.

Hmmm...oleh karena saya sudah melihat dan sedikit merasakan bagaimana menjadi karyawan, saya BENAR-BENAR ingin memanfaatkan waktu saya selama menjadi mahasiswa. Bukan berarti saya ingin memperpanjang waktu studi saya.Tapi saya ingin memanfaatkan waktu yang tersisa di bangku kuliah.
Belum tentu, nanti ketika kerja saya bisa kumpul dengan dengan teman janjian nonton atau sekedar makan bersama.
Belum tentu, saya bisa rekreasi kemanapun sesuka hati.
Belum tentu saya memiliki waktu untuk blogging, nonton drama korea/jepang, baca komik/novel, donlod sesuka hati >.<
Belum tentu saya bisa berleha-leha dikamar kos sambil dengerin radio milik ibu penjual gorengan dibawah.
Belum tentu saya ada kesempatan begadang nonton film atau baca novel, yang ada mungkin saya begadang mengerjakan pekerjaan kantor *sok-sokan

Jadi..mari kita manfaatkan waktu sebaik mungkin dimasa-masa kuliah ini. Bukan berarti kita hedon dan bersenang-senang saja.
Tapi, sebelum anda merasakan betapa ketatnya jam didunia kerja, sebaiknya anda memanfaatkan masa dimana jam 'free' masih tersisa-sisa.
Setidaknya kelak, anda bisa bercerita ke anak cucu tentang beragamnya aktivitas-aktivitas seru yang pernah kita lakukan selama dibangku kuliah :)

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan PCPM BI 2016 (PCPM 32)

September 2016 Beberapa grup mulai bertebaran informasi adanya rekrutmen BI ini. Entah kenapa saat hari pertama dibukanya lowongan PCPM ini saya langsung daftar, padahal biasanya saya daftar pada hari kesekian. Begitu daftar waah saya dapat nomor registrasi udah ratusan aja. Wajar aja sih, BI masih menjadi idola, tak heran yang registrasi hingga 86rb sekian (info dari pihak PPM saat seleksi potensi dasar. Berikut timeline yang saya capture dari website PPM. Alhamdulillah lolos dari seleksi administrasi. Saya mendapat jadwal untuk mengikuti seleksi potensi dasar pada hari Sabtu tanggal 24 September 2016, shift 2 (pukul 11.00). Tanggal tersebut bertepatan dengan jadwal wisuda. Saya telepon pihak PPM untuk reschedule  pada hari berikutnya yaitu Minggu. Alhamdulillah diizinkan dan saya disuruh datang pagian jam 6.30 (karena saya meminta ikut shift 1 hari tersebut). Waktu itu saya udah pasrah banget, kalau dikasih izin ikut tes hari berikutnya ya Alhamdulillah bang

PERPANJANGAN SIM DI SIM CORNER SUNCITY SIDOARJO

SIM CORNER SUNCITY MALL SIDOARJO Sebenarnya SIM C saya jatuh tempo November, tetapi Oktober 2016 lalu saya mengurus perpanjangan SIM. Alasannya karena suatu hari yang terik di Surabaya, di daerah Klampis (benar gak sih), dekat daerah Unitomo, Perbanas, dll ada operasi pemeriksaan SIM dan STNK. Alhamdulillah STNK dan SIM selalu saya bawa. Pak Polisi yang memeriksa saya saat itu mengingatkan saya untuk segera memperpanjang SIM C saya yang akan segera expired , karena lewat sehari saja tidak boleh, harus mengurus seperti baru. Pengalaman Mengantar Ibu (Februari 2015) Datang siang jam 10, SIM CORNER Suncity Mall Sidoarjo sudah tidak menerima kami yang baru datang, karena sudah ada jatahnya hari itu berapa SIM yang dicetak. Kami disarankan langsung mengurus di Polres Sidoarjo. Nah, ngurus di Polres ini nih yang bikin kelenger. Saran: Makan yang cukup sebelum ngurus di Polres Sidoarjo dan stok kesabaran harus ekstra. Dari sinilah saya berjanji saat ngurus perpanjangan SIM saya

Jalan-jalan ke Depo Pasar Ikan Sidoarjo

Kalau mau jalan-jalan ke Sidoarjo enaknya kemana? Sering bingung kalau ditanya kalau ke Sidoarjo enaknya kemana. Saya ada usul. Kalau ke Sidoarjo ke Depo Pasar Ikan yuk! Apa? Pasar ikan? Ya, benar. Sebagai arek darjo  asli (lahir di Sidoarjo, bahkan ibu dan bapak juga asli Sidoarjo) harus pernah dong mengeksplorasi tempat-tempat seperti ini, biar tidak dipertanyakan ke-Sidoarjo-annya. Suatu hari ada teman datang dari kota lain ke Sidoarjo, saya sebagai arek darjo  bingung juga mau ngajak jalan kemana. Akhirnya saat itu saya mengajaknya ke Sentra Tas Tanggulangin dan ke Indah Bordir. hehehe. Fyi , Indah Bordir itu salah satu 'surga' belanja pakaian wanita dan pria (mungkin lebih tepat bagi wanita). Benar saja, teman saya pingin diajak lagi kesini padahal dia udah borong beberapa potong baju. Duh , ngelantur. Kembali lagi ke Depo Pasar Ikan. Dimana tempatnya? Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo. Berada di km berapanya saya juga tidak hafal, browsing sana sini belum