Skip to main content

HOLIDAY IS LOMBOK

Dear my friend, How are you? What will you do to spend your time in next holiday? Lets come and explore Lombok. What do you think about Lombok? Spicy? Hot? Yes, Lombok is HOT. I mean, Lombok is amazing enough so I call it HOT. Lets pack your clothes and I’ll bring you to Lombok. Okey, let me tell you about Lombok. I hope after I describe about Lombok, you will come to Lombok ASAP XD I swear, you will addicted to this island after you come at the first time. You will fall in love with this hot, beautiful, exotic, gergeous. Ups, sorry I describe it too much? But, i guaranty it. Lets start, I’ll tell you my experience in Bahasa.


Lombok adalah sebuah pulau dimana terdapat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) didalamnya. Setelah mendarat di BIL (Bandara Internasional Lombok), lebih baik kita menuju Mataram untuk wisata kuliner. First, lets try ayam taliwang. Lebih baik kita mengkombinasikannya dengan sambal babaruk dan plecing kangkung. Kalau masih penasaran dengan kuliner Lombok, mari kita mencoba Sate rembiga dan nasi puyung. Kalau masalah rasa jangan ditanya lagi, nendang deh. So, do you understand why I call Lombok is hot? Almost all of the culiner is hot and spicy.

Kalau beruntung kita bisa menjumpai acara arak-arakan pengantin adat suku Sasak. Namanya nyongkolan. Dalam nyongkolan, pihak lelaki yang akan bertandang ke rumah mempelai istri, sepanjang jalan akan dikarak bersama pasangannya. Karakan itu diisi musik-musik melayu dengan irama yang bisa bikin ikut bergoyang para pengantar/pengiring. Para pengiring ini memakai baju kebaya khas Sasak. Bisa dibayangkan betapa serunya kalau ada nyongkolan.


Berhubung sudah sampai di Mataram, mari kita menuju Senggigi. Yeah, Senggigi letaknya tidak jauh dari Mataram, kira-kira 15-20 menit perjalanan. Semakin ke Utara, pemandangannya semakin ciamik, pohon kelapa melambai-lambai di sepanjang jalan, belum lagi pesona pantai disepanjang jalan.




Semakin ke Utara, kita akan sampai di bukit Malimbu. Mungkin disini kita nggak akan berhenti untuk takjub meliha keindahan hamparan indah pantai-panai dari atas bukit. Kita bisa menikmati es degan (dalam bahasa jawa) atau es kelapa muda disini sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan.


Tenang, itu belum seberapa. Lanjut ke utara lagi, kita menuju pantai Nipah. Sepanjang jalan kita akan menjumpai banyak penjual ikan bakar.Sayangnya waktu aku ke nipah lupa mengabadikan momen, tidak bisa menunjukkan ke kamu deh suasananya. Tapi dijamin deh, diiringi semilir angin pantai dan suara deburan pantai, makin nikmat sambil makan ikan bakar disana. Rute selanjutnya kita menuju Gili Trawangan.

Lebih baik kita bermalam di Gili Trawangan. Untuk mencapai Gili Trawangan, kita harus naik boat dari pelabuhan bangsal. Sekitar 1 jam perjalanan naik boat menuju Gili Trawangan. Begitu sampai, entah sudah berapa kali kita bakalan memuji keindahan ciptaan Tuhan. AWESOME!!!



Kalau disana udah sore, mending kita cari penginapan dulu. Kebetulan waktu disana aku nginap disalah satu bungalow. Unik sekali bungalow tempat aku menginap. Seakan-akan beneran menginap di rumah lumbung khas Lombok. 



Ketika malam tiba, saatnya mengexplore Gili Trawangan di malam hari. Sepanjang jalan restoran-restoran bertebaran dengan menghidangkan makanan andalan mereka. Mungkin bisa pusing mau nyoba yang mana.haha. Toko-toko souvenir jangan ditanya lagi, bertebaran sepanjang jalan. Fyi, Gili Trawangan ini bebas kendaraan bermotor lho, adanya cidomo. Itu tuh, semacam andong kalau di Jawa. Oh ya, disini juga banyak persewaan sepeda, jadi kita bisa menikmati keliling Gili Trawangan menggunakan sepeda atau naik cidomo.



Hobi baca buku? Jangan khawatir, di Gili Trawangan ada juga kok persewaan buku dan jangan khawatir, meskipun berada jauh dari Kota, mesin ATM berbagai bank tersebar di Gili Trawangan. So, jangan khawatir kehabisan uang di kantong, masih bisa tarik tunai :D

Rasanya tidak lengkap lha kalau sudah di Gili Trawangan kita tidak snorkeling. Sambil menunggu waktu untuk snorkeling (biasanya agak siang), marilah kita jalan-jalan menyusuri Gili Trawangan. Inilah saat yang tepat buat mengabadikan momen disini.


Bagaimana kawan, indah sekali bukan? Jangan heran, ini kita masih di Indonesia lho. Now, It’s time to snorkeling. Snorkeling di sini ada yang menawarkan paket snorkling untuk ke 3 gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Berasa berada di kampungnya para bule, karena di Gili Trawangan ini kita kan lebih banyak menjumpai wisatawan manca negara daripada wisatawan domestik.



Masih belum puas di Lombok? Beli oleh-oleh dulu kali ya. Kita beli oleh-oleh di pasar seni Sayang-sayang di Mataram. Kalau masih pingin belanja, nanti aku antar ke jalan Cilinaya (belakang Mataram Mall) dan ke pasar Cakra. Kain batik khas Lombok sungguh menarik, ada yang bercorak keker, kangkung, rumah lumbung, dan lain sebagainya. Rugi juga kalau pulang gak bawa oleh-oleh kain batik atau tenun khas Lombok.


Ada satu tempat yang sayang kalau terlewatkan, kita menuju kawasan Banyumulek. Disana kita makan menjumpai pengrajin gerabah/tanah liat. Aku pernah nanya-nanya ke penduduk lokal sana, mereka seringkali menerima pesanan dari Jogja dan Bali bahkan mulai mengekspor hasil karya kerajinan tanah liat mereka.



Beranjak dari Banyumulek, marilah kita menuju wisata pantai lagi. Kita menuju pantai selong belanak. Pantai ini memiliki pasir putih. Pantai ini cukup ramai. Deburan pantainya nampak indah disertai pemandangan bukit-bukit.



Jangan capek dulu, masih ada beberapa destinasi :D Mari melanjutkan ke Pantai Mawon. Pantai Mawon merupakan salah satu favoritku. Pantai ini lebih sepi pengunjungnya. Perjalanan menuju pantai ini diwarnai dengan tanjakan dan tikungan, tapi it’s worth enough. Pantai dengan latar belakang bukit-bukit ini memang berombak tinggi, tapi ini tidak menyurutkan kekagumanku. Pantai mawon yang nampak begitu biru, tidak mudah dilupakan. Nampak disana beberapa turis asik berjemur sambil menikmati musik di headset atau sambil membaca buku. Mungkin karena suasananya yang tenang, membuat mereka betah.



Belum puas rasanya keliling lombok. Ini baru lombok Barat dan Lombok tengah. Mungkin butuh semalam lagi kita di Lombok. Kita menginap saja di kawasan Pantai Kuta. Kawasan Pantai Kuta relatif lebih sepi dibandingkan dengan kawasan Senggigi dan Gili Trawangan. Jangan khawatir, penginapan, bungalow, hotel dan semacamnya mudah kita temui disana.


Bersyukur sekali bisa menikmati matahari terbit di Pantai Kuta. Pantai Kuta memiliki ombak yang relatif tenang. Keunikan lainnya yaitu pantai ini memiliki butiran pasir yang berbeda dari pantai lainnya. Yup, pasir di pantai kuta lebih mirip butiran merica. Suasana pantai Kuta yang tenang juga cocok untuk mencari inspirasi atau bahkan relaksasi.



Indah sekali bukan Pantai Kuta? Beranjak ke pantai berikutnya, mungkin ini adalah pantai terakhir yang bisa aku tunjukkan. Sebenernya masih banyak pantai lain yang tidak kalah indah, ini masih sekelumitnya saja. Misalnya saja Pink beach, Senaru, Gili Nanggu, Gili Kondo, Sesaot, Narmada, dan lain sebagainya. Belum lagi keindahan Sumbawa. Ah, suatu hari nanti aku juga ingin pergi ke Sumbawa. Tempat berikutnya yang akan aku ceritakan terletak tidak jauh dari Pantai Kuta. Namanya adalah Tanjung A’an. Pasir pantainya tak kalah indah dengan pasir pantai Kuta dan Selong Belanak. Pasirnya begitu putih, ombaknya juga tenang.



Entah kenapa aku melihat keindahan alam Lombok ini seperti lukisan atau gambar-gambar yang sering aku jumpai sebagai wallpaper. But, it’s real, we can find them in LOMBOK. That’s why I call LOMBOK is HOT. It’s not only hot and spicy culinary, but also all of landscape in LOMBOK. It’s hard to say not satisfied in LOMBOK. Lombok is so shiny and as always shine bright like a diamond. This is worth place to visit. Don’t forget, HOLIDAY IS LOMBOK. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, kita bisa menikmati budaya suku Sasak dan menikmati kuliner khas mereka. Kurang apalagi coba?

Dear my friend, how’s your feeling now? Don’t you want to visit LOMBOK? I'll be very happy if you ask me to accompany you touring around LOMBOK. Just text or chat me if you want go there. I’ll take you go around LOMBOK with pleasure.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perjalanan PCPM BI 2016 (PCPM 32)

September 2016 Beberapa grup mulai bertebaran informasi adanya rekrutmen BI ini. Entah kenapa saat hari pertama dibukanya lowongan PCPM ini saya langsung daftar, padahal biasanya saya daftar pada hari kesekian. Begitu daftar waah saya dapat nomor registrasi udah ratusan aja. Wajar aja sih, BI masih menjadi idola, tak heran yang registrasi hingga 86rb sekian (info dari pihak PPM saat seleksi potensi dasar. Berikut timeline yang saya capture dari website PPM. Alhamdulillah lolos dari seleksi administrasi. Saya mendapat jadwal untuk mengikuti seleksi potensi dasar pada hari Sabtu tanggal 24 September 2016, shift 2 (pukul 11.00). Tanggal tersebut bertepatan dengan jadwal wisuda. Saya telepon pihak PPM untuk reschedule  pada hari berikutnya yaitu Minggu. Alhamdulillah diizinkan dan saya disuruh datang pagian jam 6.30 (karena saya meminta ikut shift 1 hari tersebut). Waktu itu saya udah pasrah banget, kalau dikasih izin ikut tes hari berikutnya ya Alhamdulillah bang

PERPANJANGAN SIM DI SIM CORNER SUNCITY SIDOARJO

SIM CORNER SUNCITY MALL SIDOARJO Sebenarnya SIM C saya jatuh tempo November, tetapi Oktober 2016 lalu saya mengurus perpanjangan SIM. Alasannya karena suatu hari yang terik di Surabaya, di daerah Klampis (benar gak sih), dekat daerah Unitomo, Perbanas, dll ada operasi pemeriksaan SIM dan STNK. Alhamdulillah STNK dan SIM selalu saya bawa. Pak Polisi yang memeriksa saya saat itu mengingatkan saya untuk segera memperpanjang SIM C saya yang akan segera expired , karena lewat sehari saja tidak boleh, harus mengurus seperti baru. Pengalaman Mengantar Ibu (Februari 2015) Datang siang jam 10, SIM CORNER Suncity Mall Sidoarjo sudah tidak menerima kami yang baru datang, karena sudah ada jatahnya hari itu berapa SIM yang dicetak. Kami disarankan langsung mengurus di Polres Sidoarjo. Nah, ngurus di Polres ini nih yang bikin kelenger. Saran: Makan yang cukup sebelum ngurus di Polres Sidoarjo dan stok kesabaran harus ekstra. Dari sinilah saya berjanji saat ngurus perpanjangan SIM saya

Jalan-jalan ke Depo Pasar Ikan Sidoarjo

Kalau mau jalan-jalan ke Sidoarjo enaknya kemana? Sering bingung kalau ditanya kalau ke Sidoarjo enaknya kemana. Saya ada usul. Kalau ke Sidoarjo ke Depo Pasar Ikan yuk! Apa? Pasar ikan? Ya, benar. Sebagai arek darjo  asli (lahir di Sidoarjo, bahkan ibu dan bapak juga asli Sidoarjo) harus pernah dong mengeksplorasi tempat-tempat seperti ini, biar tidak dipertanyakan ke-Sidoarjo-annya. Suatu hari ada teman datang dari kota lain ke Sidoarjo, saya sebagai arek darjo  bingung juga mau ngajak jalan kemana. Akhirnya saat itu saya mengajaknya ke Sentra Tas Tanggulangin dan ke Indah Bordir. hehehe. Fyi , Indah Bordir itu salah satu 'surga' belanja pakaian wanita dan pria (mungkin lebih tepat bagi wanita). Benar saja, teman saya pingin diajak lagi kesini padahal dia udah borong beberapa potong baju. Duh , ngelantur. Kembali lagi ke Depo Pasar Ikan. Dimana tempatnya? Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo. Berada di km berapanya saya juga tidak hafal, browsing sana sini belum