Skip to main content

Belanja Melalui Buka Lapak

Sudah bulan April, cepat sekali~
Kali ini saya mau cerita pengalaman belanja online disalah satu situs belanja online, yaitu bukalapak.
Sebelumnya saya belum pernah sih beli barang dari situs-situs lainnya yang sejenis misalnya tokopedia, olx, dll. Kalau pasang iklan pada olx pernah sih, bantu ibu kos promosi kosnya hehe

Nah, saat itu saya butuh sebuah buku, udah muter-muter dibeberapa toko buku di Surabaya (Gramedia, Petra Togamas, Uranus, dan satunya lupa nama toko bukunya) tapi buku tersebut sudah tidak dijual lagi dan mereka belum restock karena belum ada tawaran dari penerbit buku yang saya maksud. Alhasil, browsing dan menemukan buku yang saya cari masih ada diGramedia Pusat dan ada salah seorang penjual diBuka Lapak. Saya butuh 2 buku karena 1 buku untuk teman. Saya coba pesan di Gramedia Pusat, kok gabisa diganti ya jumlah buku yang mau dibeli (ganti 2 tetep balik jadi 1), saya pikir stok tinggal 1 akhirnya saya pesen via Buka Lapak dan Gramedia. Itung-itung coba pesen melalui Buka Lapak ini.

Proses pesen cepet dan gampang dimengerti tiap step by step. Buka Lapak ini unik, Unik karena barang akan segera dirposes begitu pembeli transfer. Tujuan transfer bukan langsung pada pemilik masing-masing lapak/toko/olshop, melainkan melalui si Buka Lapak ini. Bank tujuan pengiriman uang otomatis atas nama perusahaan Buka Lapak. Nah, si Buka Lapak akan menghubungi pemilik lapak/toko/olshop yang dimaksud pembeli (dimana pembeli booking/beli). Jika sampai 3x24 jam tidak ada jawaban dari toko tersebut, maka uang akan dikembalikan oleh Buka Lapak kepada pembeli.

Saya menilai cara yang digunakan Buka Lapak ini sangat melindungi pembeli. Mereka meminimalisir kecurangan salah satu pihak. Konsumen akan merasa aman karena ada kejelasan dari pihak Buka Lapak, Waktu itu, kebetulan saya dapat konfirmasi dari Buka Lapak kalau penjual buku yang saya maksud tidak memberikan jawaban kepada pihak Buka Lapak, sehingga jual beli tidak dapat diteruskan, uang saya dikembalikan. As simple as that :) Mudah, nyaman, dan aman adalah beberapa faktor yang bisa membuat konsumen puas.

Btw, saya nulis beginian karena kemarin ada tugas salah satu mata kuliah yang memberikan tugas review jurnal. Nah, kebetulan jurnal yang saya review membahas seputar kepuasan dan loyalitas konsumen. Pinginnya saya mau mengembangkan lagi siapa tau bisa jadi judul tesis hehe.
Semangat \o/

Comments

Popular posts from this blog

Perjalanan PCPM BI 2016 (PCPM 32)

September 2016 Beberapa grup mulai bertebaran informasi adanya rekrutmen BI ini. Entah kenapa saat hari pertama dibukanya lowongan PCPM ini saya langsung daftar, padahal biasanya saya daftar pada hari kesekian. Begitu daftar waah saya dapat nomor registrasi udah ratusan aja. Wajar aja sih, BI masih menjadi idola, tak heran yang registrasi hingga 86rb sekian (info dari pihak PPM saat seleksi potensi dasar. Berikut timeline yang saya capture dari website PPM. Alhamdulillah lolos dari seleksi administrasi. Saya mendapat jadwal untuk mengikuti seleksi potensi dasar pada hari Sabtu tanggal 24 September 2016, shift 2 (pukul 11.00). Tanggal tersebut bertepatan dengan jadwal wisuda. Saya telepon pihak PPM untuk reschedule  pada hari berikutnya yaitu Minggu. Alhamdulillah diizinkan dan saya disuruh datang pagian jam 6.30 (karena saya meminta ikut shift 1 hari tersebut). Waktu itu saya udah pasrah banget, kalau dikasih izin ikut tes hari berikutnya ya Alhamdulillah bang

PERPANJANGAN SIM DI SIM CORNER SUNCITY SIDOARJO

SIM CORNER SUNCITY MALL SIDOARJO Sebenarnya SIM C saya jatuh tempo November, tetapi Oktober 2016 lalu saya mengurus perpanjangan SIM. Alasannya karena suatu hari yang terik di Surabaya, di daerah Klampis (benar gak sih), dekat daerah Unitomo, Perbanas, dll ada operasi pemeriksaan SIM dan STNK. Alhamdulillah STNK dan SIM selalu saya bawa. Pak Polisi yang memeriksa saya saat itu mengingatkan saya untuk segera memperpanjang SIM C saya yang akan segera expired , karena lewat sehari saja tidak boleh, harus mengurus seperti baru. Pengalaman Mengantar Ibu (Februari 2015) Datang siang jam 10, SIM CORNER Suncity Mall Sidoarjo sudah tidak menerima kami yang baru datang, karena sudah ada jatahnya hari itu berapa SIM yang dicetak. Kami disarankan langsung mengurus di Polres Sidoarjo. Nah, ngurus di Polres ini nih yang bikin kelenger. Saran: Makan yang cukup sebelum ngurus di Polres Sidoarjo dan stok kesabaran harus ekstra. Dari sinilah saya berjanji saat ngurus perpanjangan SIM saya

Jalan-jalan ke Depo Pasar Ikan Sidoarjo

Kalau mau jalan-jalan ke Sidoarjo enaknya kemana? Sering bingung kalau ditanya kalau ke Sidoarjo enaknya kemana. Saya ada usul. Kalau ke Sidoarjo ke Depo Pasar Ikan yuk! Apa? Pasar ikan? Ya, benar. Sebagai arek darjo  asli (lahir di Sidoarjo, bahkan ibu dan bapak juga asli Sidoarjo) harus pernah dong mengeksplorasi tempat-tempat seperti ini, biar tidak dipertanyakan ke-Sidoarjo-annya. Suatu hari ada teman datang dari kota lain ke Sidoarjo, saya sebagai arek darjo  bingung juga mau ngajak jalan kemana. Akhirnya saat itu saya mengajaknya ke Sentra Tas Tanggulangin dan ke Indah Bordir. hehehe. Fyi , Indah Bordir itu salah satu 'surga' belanja pakaian wanita dan pria (mungkin lebih tepat bagi wanita). Benar saja, teman saya pingin diajak lagi kesini padahal dia udah borong beberapa potong baju. Duh , ngelantur. Kembali lagi ke Depo Pasar Ikan. Dimana tempatnya? Jalan Lingkar Timur, Sidoarjo. Berada di km berapanya saya juga tidak hafal, browsing sana sini belum